Wednesday, March 27, 2013

Kisah Nabi Muhammad dan Kucing Peliharaannya

Cute Cat

Asalamualaikum wr.wb
Apakah Antum termasuk penggemar hewan peliharaan ?? Antum punya hewan peliharaan apa saja dirumah? Haaha,, memang asyik y kalau mempunyai hewan peliharaan yang kita sayangi di rumah. Nabi kita Nabi Muhammad SAW juga sama, suka hewan peliharaan. Diceritakan dalam suatu kisah, Nabi Muhammad memiliki seekor hewan peliharaan berupa kucing.
Beliau memberi nama Kucing kesayangannya itu Mueeza. Suatu hari,ketika nabi hendak bepergian dan ingin mengambil jubahnya, ditemuinya Mueeza sedang terlelap tidur di atas jubah Rosul. Sudah tau kan yang namanya kucing kesayangan kalau sedang tidur imutnya seperti apa?? Tanpa ingin mengganggu kucing kesayangan Nabi itu terlelap, Nabi memotong sebelah lengan jubahNya yang di tiduri oleh Mueeza. Subhanallah. Mulia sekali perbuatan Nabi. Nabi pun pergi keluar rumah meninggalkan Mueeza yang sedang terlelap.
Ketika Nabi pulang kembali ke rumah, Mueeza terbangun,dan merunduk kepada majikannya. Sebagai balasan, nabi menunjukkan kasih sayangnya kepada Mueeza dengan mengelus lembut ke badan mungil Mueeza.
Dalam aktivitas lain, ketika Nabi menerima tamu, Beliau selalu menggendong Mueeza, dan ketika duduk, nabi meletakkan Mueeza di pahanya. Salah satu sifat Mueeza yang Nabi suka adalah Ia selalu Mengeong ketika mendengar Adzan, seolah-olah suara meongannya terdengan mengikuti lantunan suara adzan.  Bahkan Nabi pernah berpesan kepada para sahabatnya untuk menyayangi kucing peliharaannya sepeti menyayangi keluarganya sendiri.
Hukuman bagi mereka yang menyakiti atau menganiaya hewan yang lemah dan lucu ini, adalah siksa neraka.
Dalam sebuah hadist Sahih Al Bukhori,dikisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucing peliharaannya.dan tidak pula melepas kucingnya untuk mencari makan sendiri. Nabi menjelaskan bahwa hukum bagi wanita ini adalah siksa neraka. Oleh karena itu,jika Antum memiliki hewan peliharaan apa saja, khususnya kucing, peliharalah ia dan rawat dia baik-baik. Karena menyiksanya saja bisa mendapat hukuman siksa neraka. Binatang peliharaan Antum adalah kewajiban Antum untuk merawatnya.
Beberapa diantara orang terdekat nabi juga memelihara kucing. Aisya binti Abubakar Shiddiq,Istri nabi sangat menyayangi Kucing, dan merasa sangat kehiliangan dikala ditinggal pergi oleh Kucingnya.Kemudian orang terdekat Nabi yang juga suka dengan Kucing, adalah Abdurrahman Bin Sahkr al Azdi ,beliau diberi julukanAbu Huruyrah atau Bapak para kucing jantan,karena kegemarannya memlihara dan merawat berbagai kucing jantang dirumahnya.
Jadi kesimpulah dari bacaan diatas, jika kita memiliki hewan peliharaan khususnya kucing, maka rawatlah dia dan sayangilah dia , karena itu merupakan tanggung jawab kita dan kewajiban kita sebagai majikannya. Semoga kisah diatas bisa menjadi suri tauladan bagi kita semua ,dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Wassalamualaikum wr. wb

0 comments:

Post a Comment