Allah Subhanahu wa Ta’ala memberitahukan kepada para malaikat tentang penciptaan Adam ‘alaihis salam, Dia berfirman:
“Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” (QS. Al Baqarah: 30)
Yakni makhluk yang satu dengan yang lain saling menggantikan. Demikianlah Allah Subhanahu wa Ta’ala memberitahukan kepada para malaikat tentang penciptaan Adam sebagaimana Dia memberitahukan perkara besar sebelum terwujud.
Kemudian para malaikat bertanya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala meminta
diterangkan hikmah diciptakannya manusia, karena para malaikat
mengetahui bahwa di antara manusia ada yang membuat kerusakan di bumi
dan menumpahkan darah. Menurut Qatadah, mereka mengetahui demikian
karena mereka melihat makhluk sebelum Adam, yaitu jin dan Hin
(sekelompok jin atau golongan jin yang lemah). Menurut Ibnu Umar, dua
ribu tahun sebelum Adam diciptakan, jin sudah ada (menempati bumi), lalu
mereka menumpahkan darah, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus satu pasukan malaikat, lalu mereka mengusirnya ke jazirah laut.”
Menurut para malaikat, jika hikmah diciptakannya manusia adalah untuk
beribadah kepada Allah, maka sesungguhnya mereka telah beribadah
kepada-Nya, mereka berkata,
“Mengapa
Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat
kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal Kami senantiasa
bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al Baqarah: 30)
Dia mengetahui maslahat yang lebih kuat dengan menciptakan Adam dan
keturunannya, karena akan ada di antara mereka yang menjadi para nabi
dan rasul, para shiddiqin, para syuhada, para ulama dan orang-orang yang
mengamalkan agama-Nya, yang mencintai-Nya, dan mengikuti para
rasul-Nya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan Adam ‘alaihis salam dari
tanah di bumi dan airnya, lalu membentuknya dengan bentuk yang
sebaik-baiknya, kemudian Dia tiupkan ruh ke dalamnya, maka jadilah dia
sebagai manusia yang hidup yang terdiri dari daging, darah, dan tulang.
Hari penciptaan Adam ‘alaihis salam adalah hari Jumat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ
خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلَا
تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ
“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat. Pada
hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surge, dan pada
hari itu ia dikeluarkan darinya, dan Kiamat tidaklah QS.adi kecuali
pada hari Jumat.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,
إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى خَلَقَ آدَمَ مِنْ قَبْضَةٍ قَبَضَهَا مِنْ جَمِيعِ
الْأَرْضِ فَجَاءَ بَنُو آدَمَ عَلَى قَدْرِ الْأَرْضِ فَجَاءَ مِنْهُمْ
الْأَحْمَرُ وَالْأَبْيَضُ وَالْأَسْوَدُ وَبَيْنَ ذَلِكَ وَالسَّهْلُ
وَالْحَزْنُ وَالْخَبِيثُ وَالطَّيِّبُ
“Sesungguhnya
Allah Ta’ala menciptakan Adam dari segenggam yang digenggam-Nya dari
semua tanah di muka bumi. Oleh karena itu, anak cucu Adam hadir sesuai
keadaan tanah (warna dan tabiatnya), maka di antara mereka ada yang
berkulit merah, putih, hitam dan antara itu. Ada pula yang lunak, keras,
yang jelek dan yang baik.” (HR. Tirmidzi, ia berkata, “Hadis ini hasan shahih.” Hadis ini dishahihkan pula oleh Syaikh Al Albani dalam Al Misykat (100) dan Ash Shahiihah (1630). Menurut penyusun Tuhfatul Ahwadzi, hadis ini diriwayatkan pula oleh Ahmad, Abu Dawud, Hakim dan Baihaqi)
Setelah Adam hidup dan bisa bergerak, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajarkan kepadanya nama-nama segala sesuatu, Dia berfirman,
“Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya,” (QS. Al Baqarah: 31)
Menurut Ibnu Abbas, yaitu nama-nama yang biasa dikenal manusia, seperti
manusia, hewan, tanah, tanah yang datar, laut, gunung, unta, keledai dan
lain sebagainya seperti umat-umat dan lain-lain. Menurut Mujahid,
Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajarkan kepadanya nama setiap binatang, setiap burung dan segala sesuatu. Menurut Ar Rabii’, Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajarkan kepadanya nama-nama para malaikat.
Allah Subhanahu wa Ta’ala ingin
menunjukkan keutamaan Adam dan kedudukannya di sisi-Nya kepada para
malaikat, maka Dia tunjukkan kepada malaikat segala sesuatu yang telah
diajarkan kepada Adam, Dia berfirman:
“Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!”(QS. Al Baqarah: 31)
Para malaikat pun menjawab,
“Mahasuci Engkau, tidak ada yang Kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami.” (QS. Al Baqarah: 32)
Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan
kepada Adam untuk memberitahukan kepada mereka nama-nama benda yang
tidak diketahui para malaikat; mulailah Adam menyebutkan nama-nama benda
yang diperlihatkan kepadanya, ketika itu Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada para malaikat,
“Bukankah
sudah Aku katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia
langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu
sembunyikan?” (QS. Al Baqarah: 33)
Kemudian QS.adilah dialog antara Adam ‘alaihis salam dengan para malaikat sebagaimana yang diceritakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita:
خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ وَطُولُهُ سِتُّونَ ذِرَاعًا ثُمَّ قَالَ اذْهَبْ
فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ مِنْ الْمَلَائِكَةِ فَاسْتَمِعْ مَا
يُحَيُّونَكَ تَحِيَّتُكَ وَتَحِيَّةُ ذُرِّيَّتِكَ فَقَالَ السَّلَامُ
عَلَيْكُمْ فَقَالُوا السَّلَامُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللَّهِ فَزَادُوهُ
وَرَحْمَةُ اللَّهِ فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ
فَلَمْ يَزَلْ الْخَلْقُ يَنْقُصُ حَتَّى الْآنَ
“Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan
Adam dengan tingginya 60 hasta, kemudian Dia berfirman, “Pergilah dan
ucapkan salam kepada para malaikat itu, lalu dengarkanlah salam
penghormatan mereka kepadamu; sebagai salammu dan salam keturunanmu.”
Maka Adam berkata, “As Salaamu ‘alaikum.” Mereka menjawab, “As Salaamu
‘alaika wa rahmatullah,” mereka menambah “wa rahmatullah.” Maka setiap
orang yang masuk ke surga mengikuti rupa Adam, dan bentuk makhluk
senantiasa berkurang (semakin pendek) hingga sekarang.” (HR. Bukhari dan
Muslim)
Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan
para malaikat untuk sujud kepada Adam untuk menghormatinya, maka mereka
pun sujud kecuali Iblis, ia menolak sujud dan bersikap sombong terhadap
perintah Tuhannya, lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala bertanya kepadanya –sedangkan Dia lebih mengetahui-,
“Wahai
Iblis! Apa yang menghalangimu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan
dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu
(merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?” (QS.. Shaad: 75)
Lalu Iblis menjawab dengan angkuhnya,
“Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah.” (QS.. Shaad: 76)
Iblis tidak menyadari padahal tanah lebih baik daripada api, tanah lebih
bermanfaat daripada api, karena pada tanah terdapat ketenangan, mudah
diolah dan menumbuhkan tanaman, sedangkan pada api terdapat keadaan yang
tidak terarah, ringan, cepat dan membakar.
Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menjauhkan Iblis dari rahmat-Nya dan menjadikannya terusir dan terlaknat, Dia berfirman,
“Maka
keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang
terkutuk,– Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari
pembalasan.” (QS.. Shaad: 77-78)
Kemudian Iblis semakin benci kepada Adam dan keturunannya, dia bersumpah
dengan nama Allah untuk menghias keburukan kepada mereka, dia berkata, “Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya,—Kecuali hamba-hamba-Mu yang ikhlas di antara mereka.” (QS.. Shaad: 82-83)
Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepadanya,
“Sesungguhnya
Aku pasti akan memenuhi neraka Jahannam dengan jenis kamu dan dengan
orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka semuanya.” (QS.. Shaad: 85)
As Suddiy menceritakan dari Abu Shalih dan Abu Malik dari Ibnu Abbas,
dan dari Murrah dari Ibnu Mas’ud serta dari beberapa orang sahabat,
bahwa mereka berkata, “Iblis dikeluarkan dari surga dan Adam ditempatkan
di surga, maka Adam berjalan-jalan di surga sendiri tanpa ada pasangan
yang dapat menenteramkannya, ia pun tidur, ketika bangun, ternyata di
dekat kepalanya ada seorang wanita yang duduk, Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakannya dari tulang rusuknya.
Adam lalu bertanya kepadanya, “Siapa engkau?” Ia menjawab, “Seorang
wanita.” Adam bertanya, “Untuk apa engkau diciptakan?” Ia menjawab,
“Agar engkau dapat merasa tenteram denganku.” Lalu para malaikat berkata
kepadanya melihat ilmu yang dimiliki Adam, “Siapa namanya wahai Adam?”
Ia menjawab, “Hawa’.” Mereka berkata lagi, “Mengapa (disebut) Hawa’?”
Adam menjawab, “Karena ia diciptakan dari sesuatu yang hidup.”
Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan
Adam dan istrinya Hawa’ untuk tinggal di surga dan memakan buah-buahan
yang ada di sana serta menjauhi sebuah pohon sebagai ujian kepada
keduanya, Dia berfirman,
“Wahai
Adam! diamilah olehmu dan istrimu surga ini, dan makanlah
makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai,
dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk
orang-orang yang zalim.” (QS. Al Baqarah: 35)
Allah Subhanahu wa Ta’ala juga
memperingatkan Adam dan istrinya agar tidak tergoda oleh Iblis serta
mengingatkan permusuhan Iblis kepada keduanya, Dia berfirman,
“Wahai
Adam! Sesungguhnya ini (iblis) adalah musuh bagimu dan bagi istrimu,
maka sekali-kali janganlah ia sampai mengeluarkan kamu berdua dari
surga, yang menyebabkan kamu menjadi celaka.” (QS. Thaha: 117)
Mulailah Iblis berpikir tentang cara menyesatkan Adam dan Hawa’, setelah
berhasil menemukan caranya, maka ia pun melakukan rencananya itu, ia
pun mendatangi Adam dan Hawa’ dan berkata,
“Wahai Adam! Maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon kekekalan dan kerajaan yang tidak akan binasa?” (QS.. Thaha: 120)
Maka Adam dan Hawa membenarkan ucapan Iblis itu karena sumpahnya, dimana
menurut keduanya tidak mungkin ada seorang yang berani bersumpah secara
dusta dengan nama Allah, maka Adam dan Hawa’ pun pergi mendatangi pohon
itu dan memakan buahnya. Ketika itulah terjadi peristiwa yang
mengejutkan, keduanya terbuka auratnya dan telanjang karena maksiatnya
dan keduanya pun merasa malu dan sedih sekali, segeralah keduanya
mendatangi pepohonan dan memetik daun-daunnya untuk menutupi auratnya,
maka Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada Adam dan Hawa’,
“Bukankah
Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan
kepadamu, “Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu
berdua?” (QS.. Al A’raaf: 22)
Ketika itu Adam dan Hawa’ sangat menyesal sekali karena telah bermaksiat
kepada Allah, segeralah keduanya bertobat dan beristighfar, keduanya
berkata,
“Ya
Tuhan Kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau
tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami
termasuk orang-orang yang rugi.” (QS.. Al A’raaf: 23)
Setelah Adam dan Hawa’ menyesal dan beristighfar, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala menerima tobatnya dan memerintahkan keduanya untuk turun ke bumi dan hidup di sana.
Mulailah Adam hidup di bumi dan membuka lembaran perjalanan hidupnya
yang baru di sana. Di bumi itu, Adam memiliki banyak keturunan, ia
mendidik dan mengajarkan mereka serta memberitahukan mereka, bahwa hidup
di dunia merupakan ujian dan cobaan, dan hendaknya mereka berpegang
teguh dengan petunjuk Allah serta berwaspada terhadap tipu daya setan.
Ia juga mengajak keturunannya agar menyembah Allah, memberitahukan
kepada mereka tentang kebenaran dan keimanan, memperingatkan mereka akan
bahayanya syirk, kemaksiatan, dan bahayanya menaati setan sampai ia
wafat.
Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dimi’rajkan ke langit, maka Beliau bertemu Nabi Adam ‘alaihis salam di langit pertama dan dikatakan kepada Beliau, “Ini adalah bapakmu Adam ‘alaihis salam, maka ucapkanlah salam kepadanya.” Maka Beliau mengucapkan salam kepadanya dan Adam ‘alaihis salammenjawab salamnya dan berkata, “Selamat datang anak yang saleh dan nabi yang saleh.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memberitahukan kepada kita, bahwa manusia akan mendatangi Adam ‘alaihis salam dan
berkata, “Wahai Adam, engkau adalah bapak manusia. Allah menciptakanmu
dengan tangan-Nya, meniupkan ruh (ciptaan)-Nya kepadamu, dan
memerintahkan para malaikat untuk sujud kepadamu dan menempatkanmu di
surga, tidakkah engkau memberikan syafaat untuk kami kepada Tuhanmu,
tidakkah engkau melihat keadaan kami ini dan apa yang menimpa kami?
Tetapi Adam ‘alaihis salam tidak bisa memberikannya dan menyebutkan uzurnya. Ia malu kepada AllahSubhanahu wa Ta’ala karena pernah memakan pohon yang dilarang-Nya sehingga ia menyuruh mereka pergi mendatangi nabi yang lain.
0 comments:
Post a Comment